PENGERTIAN PUBLISITAS



Publisitas ialah penyampaian informasi yang didesain untuk membangkitkan minat lebih tinggi pada perseorangan atau perusahaan melalui media informasi, tanpa pengeluaran biaya karena pertimbangan besarnya minat khalayak.
Untuk mendapatkan publisitas, ada tiga saluran yang dapat ditempuh. Pertama, menyampaikan press releas dan menginformasikannya melalui media, seperti surat kabar, stasiun televisi, atau media lain untuk menyampaikan informasi dalam bentuk berita. Kedua, melakukan komunikasi dengan organisasi atau asosiasi profesi. Konferensi pers akan menarik perhatian perwakilan media jika mereka menilai topik atau pembicaraan bernilai berita. Tur atau kunjungan perusahaan dan persentasi kepada warga masyarakat atau organisasi profesi merupakan bentuk lain komunikasi mulai dengan perorangan hingga kelompok. Ketiga, komunikasi tatap muka orang perorangan, yang biasa disebut lobi.
Lobi dilakukan oleh perusahaan kepada orang yang berpengaruh untuk mempengaruhi opini mereka, dan akhirnya mempengaruhi keputusan mereka. Lebih dari itu, perusahaan akan memberikan produknya kepada orang-orang terpandang, dengan harapan orang lain akan mengetahui bahwa para tokoh itu menggunakan prodik tersebut.


Keunggulan publisitas
Dengan mengetahui nilai publisitas, beberapa perusahaan mempunyai unit khusus untuk menangani informasi.
Meskipun demikian, untuk mengoptimalkan potensinya, publisitas harus diperlakukan sebagai bagian dari strategi promosi dan dikoordinasikan dengan sarana promosi lain. Keunggulan publisitas adalah sebagai berikut:
• Lebih efisien dalam biaya daripada periklanan dan personal selling karena tidak memerlukan biaya ruang pada media atau biaya waktu untuk penyampaian pesan.
• Lebih dapat dipercaya daripada periklanan karena sumber pesan adalah pihak ketiga yang tidak terkait dengan organisasi perusahaan.
• Menarik untuk dibaca. Konsumen pada umumnya terkondisikan untuk tidak memperhatikan iklan atau bahkan mengabaikannya. Publisitas disajikan sebagai berita atau materi editorial, sehingga lebih menarik untuk dibaca.
• Lebih banyak informasi yang disampaikan. Karena disajikan sebagai berita, publisitas bisa lebih banyak menyampaikan rincian daripada iklan biasa.

Kelemahan Publisitas
Disamping beberapa keunggulan, pada publisitas juga terdapat beberapa kelemahan. Pesan yang disampaikan tidak terkendali. Perusahaan tidak memiliki jaminan bahwa rilis publisitas akan dimuat dalam atau disiarkan oleh media. Pemaparan pun terbatas. Media akan menyampaikan materi publisitas hanya satu kali.