Usaha kecil merupakan bagian integral dari dunia usaha Nasional
yang memiliki kedudukan, potensi, dan peranan yang sangat strategis dalam
mewujudkan tujuan pembangunan Nasional. Mengingat peranannya dalam pembangunan,
usaha kecil harus terus dikembangkan dengan semangat kekeluargaan, saling isi
mengisi, saling memperkuat antara usaha yang kecil dan besar dalam rangka
pemerataan mewujudkan
kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.
Untuk mewujudkan tujuan
tersebut pemerintah dan masyarakat harus saling bekerjasama. Masyarakat sebagai
pelaku utama pembangunan, sedangkan pemerintah berkewajiban untuk mengarahkan,
membimbing, melindungi serta menumbuhkan iklim usaha. Dengan demikian, kemampuan
usaha kecil termasuk UKM dari waktu ke waktu perlu diperhatikan, karena
sebagian besar penduduk Indonesia hidup dan menggantungkan diri dari sektor
ini.
UKM sebagai sektor kegiatan
ekonomi yang dilakukan oleh sebagian masyarakat yang harus didukung dan
didorong kemampuannya agar tetap eksis, sehingga dapat memperluas kesempatan
usaha dan memperluas lapangan kerja dan dapat menungkatkan penghasilan
masyarakat secara lebih merata. Usaha Kecil dan
Menengah disingkat UKM memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000
belum termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, memiliki hasil penjualan
tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah), milik Warga
Negara Indonesia, berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang
perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun
tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar dan memiliki bentuk
usaha orang perorangan , badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan
usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi. Di Indonesia, jumlah UKM
hingga 2005 cukup berkembang, mungkin pada tahun 2010 ini UKM di Indonesia
memiliki peranan yang sangat penting hingga jumlahnya terus meningkat. Ekspor Sektor UKM di
Indonesia masih dipandang sebelah mata oleh pemerintah. Padahal keberadaannya
dirasakan sangat penting dalam membangkitkan kembali ekonomi nasional yang
terpuruk akibat krisis. Sebab, pasca krisis melanda negeri ini, hanya sektor
UKM lah yang tetap eksis, bahkan berkembang pesat. Hal ini menunjukkan
bahwa UKM memiliki pondasi yang kuat, sehingga mampu mendiri. Mereka tidak
tergantung dengan pinjaman dari bank. Tapi dalam kenyataannya, hingga kini UKM
tetap seperti dianaktirikan. Pemerintah belum bisa memberikan solusi bagi
pengembangan UKM, terutama dalam meningkatkan kualitas produknya maupun dalam
mengatasi kesulitan permodalan. Dampaknya, di kancah persaingan ekspor, UKM di
negeri ini belum bisa berbuat banyak. Padahal, di negara-negara lain sektor UKM
mendapat perhatian serius dan juga dibantu secara konkret oleh
pemerintahnya. Di era perdagangan bebas, semua negara berupaya
meningkatkan arus perdagangan ke berbagai negara lain. Tak heran, persaingan
pun menajam, semua negara mengerahkan kemampuannya untuk memasuki pasar
internasional. Tidak hanya koorporasi, UKM di banyak negara digenjot untuk
meningkatkan ekspornya. Bahkan UKM dianggap menjadi salah satu potensi ekspor
yang besar. Padahal, UKM di dalam negeri telah terbukti menjadi
wirausahawan yang tangguh. Ketika krisis ekonomi terjadi di Indonesia, UKM
justru mampu menyelamatkan ekonomi dalam negeri dari keambrukan yang lebih
parah. Sebelum sumber daya mereka untuk melakukan usaha di bisnis ekspor,
kecil dan menengah (UKM) harus hati-hati menilai kelebihan dan kekurangan dari
mengekspor. Sementara beberapa UKM memasuki bisnis ekspor secara tidak sengaja
setelah menerima permintaan untuk membeli dari pembeli asing, yang lain membuat
gerakan yang disengaja dan melakukan penelitian menyeluruh sebelum memasuki
pasar baru. Apakah itu tidak disengaja atau disengaja bergerak, UKM perlu untuk
mengevaluasi dan hati-hati menilai keuntungan dan tantangan sebelum melakukan
ekspor sumber daya. Alasan bagi UKM untuk mempertimbangkan mengekspor yang memaksa,
berikut ini adalah beberapa keunggulan utama ekspor:
1. Peningkatan penjualan dan laba
Menjual barang dan jasa kepada pasar perusahaan tidak pernah
memiliki sebelum meningkatkan penjualan dan meningkatkan pendapatan. Tambahan
penjualan asing dalam jangka panjang, sekali biaya pengembangan ekspor telah
tertutup, peningkatan profitabilitas secara keseluruhan.
2. Daya saing domestik
Kebanyakan perusahaan menjadi kompetitif di pasar domestik sebelum
mereka usaha di arena internasional. Menjadi kompetitif di pasar domestik
membantu perusahaan untuk memperoleh beberapa strategi yang dapat membantu
mereka dalam pasar internasional.
3. Saham pasar global
Dengan pergi internasional, perusahaan akan berpartisipasi
dalam pasar global dan memperoleh sepotong besar pasar internasional.
4. Diversifikasi
Menjual ke beberapa pasar memungkinkan perusahaan untuk
diversifikasi usaha dan menyebarkan risiko. Sebagai
hasilnya, perusahaan tidak harus dikaitkan dengan perubahan dalam pasar
domestik atau dari satu negara tertentu.
5. Rendah Biaya Per Unit
Mengambil pasar asing tambahan biasanya akan memperluas produksi
untuk memenuhi permintaan luar negeri. Peningkatan produksi dapat lebih rendah
per satuan biaya dan mengarah ke lebih effiecient penggunaan kapasitas yang
ada.
6. Kompensasi untuk permintaan musiman
Perusahaan yang produk atau layanan yang hanya digunakan selama
musim-musim tertentu di dalam negeri mungkin dapat menjual produk atau jasa
mereka di pasar luar negeri dalam waktu yang berbeda sepanjang tahun.
7. Potensi untuk ekspansi perusahaan
Perusahaan yang berani masuk ke bisnis ekspor biasanya harus
memiliki keberadaan atau perwakilan di pasar luar negeri. Ini mungkin
memerlukan personil tambahan dan dengan demikian mengakibatkan ekspansi.
8. Menjual kelebihan kapasitas produksi
Perusahaan yang memiliki kelebihan produksi untuk alasan apapun
mungkin bisa menjual produk mereka di pasar luar negeri dan tidak dapat dipaksa
untuk memberikan diskon besar atau bahkan membuang kelebihan produksi mereka.
9. Pengetahuan dan Pengalaman Baru
Internasional akan dapat menghasilkan ide-ide dan informasi
berharga tentang teknologi baru, teknik-teknik pemasaran baru dan pesaing
asing. Keuntungan dapat membantu perusahaan dalam negeri maupun bisnis asing.
10. Ekspansi
siklus hidup produk
Banyak produk melalui berbagai siklus yaitu pengenalan,
pertumbuhan dan kedewasaan sebelum menurun menandakan akhir kegunaannya dalam
pasar tertentu. Sekali produk mencapai tahap matang di pasar tertentu, dapat
diperkenalkan kepada pasar yang berbeda di mana ia akan dianggap sebagai baru.