Bahayanya Stress Bekerja



Pekerjaan yang menumpuk, suasana kerja yang tidak kondusif dan tekanan dari boss, itulah yang sering mengundang Stres Kerja. Namun bukan hanya sekedar itu saja, ada hal lain yang perlu kita ketahui yang dapat menimbulkan adanya stres dalam bekerja.

Gangguan dalam kantor yang menyebabkan terjadinya stress kerja,
1.     Lingkungan fisik seperti cahaya, suara, suhu,  udara, polusi
2.    Individu seperti Konflik peran-peran ganda, beban kerja berlebih, tidak ada kontrol tanggung jawab, kondisi kerja
3.     Kelompok seperti Hubungan buruk dengan kawan, bawahan, alasan
4.     Organisasi seperti Desain struktur jelek, politik jelek, tidak ada kebijakan khusus

Gangguan dari individu karyawan,
1.       Kognitif/efektif seperti daya tahan dan dukungan sosial
2.       Biologis/demografis seperti umur dan pekerjaan

Gangguan dari lingkungan luas,
1. Faktor Lingkungan seperti  Ketidakpastian ekonomi, Ketidakpastian politis, Ketidakpastian teknologis
2. Faktor Organisasi  seperti Tuntutan tugas,  Tuntutan peran, Tuntutan antar pribadi, Struktur organisasi,  Kepemimpinan organisasi, Tahap hidup organisasi
3. Faktor Individual seperti Masalah keluarga, Masalah ekonomi, Kepribadiaan
4. Perbedaan yg dialami seperti Persepsi, Pengalaman pekerjaan, Dukungan moral, Keyakinan akan tempat kedudukan kendali, Sikap bermusuhan

Maka hal tersebut akan menimbulkan masalah bari karyawan, konsekuensi yang harus ditanggung:

1.       Subjektif seperti timbulnya rasa Ketakutan dan Apatis
2.       Kognitif seperti Kosentrasi rendah yang sangat menghambatan
3.       Fisiologis seperti naiknya tekanan darah
4.       Organisasi seperti produktivitas rendah dan absensi menurun

Gejala yang terasa ketika Stress terjadi
1.       Gejala Fisiologis  seperti Sakit kepala, Tekanan darah tinggi, Penyakit jantung
2.       Gejala Psikologis seperti  Murung,  Berkurangnya kepuasaan kerja, Kecemasan
3.       Gejala Perilaku seperti Produktivitas, Kemangkiran, Tingkat keluarnya karyawan

Namun tidak perlu khawatir yang berlebihan, karena stres tersebut dapat dikelola agar tidak berakibat negatif.

 Pendekatan Individual
  • -       Pelaksanaan teknik-teknik manajemen waktu
  • -        Meningkatkan latihan fisik
  • -        Pelatihan pengenduran
  • -        Perluasan jaringan lingkungan sosial


 Pendekatan Organisasi
  • -       Perbaikan seleksi personil dan penempatan kerja
  • -        Penggunaan penetapan tujuan yang realistis
  • -        Perancangan ulang pekerjaan