Apa itu Pola Pengaruh Sistem Lingkungan ?



Interaksi antara lingkungan internal dan lingkungan eksternal pemasaran mempunyai keterkaitan terhadap tujuan maupun strategi pemasaran. Analisis terhadap lingkungan eksternal dapat menjelaskan adanya peluang dan ancaman bagi organisasi perusahaan. Analisis terhadap lingkungan internal dapat memperlihatkan kekuatan dan kelemahan orgainsasi.

Peluang pemasaran perlu dimanfaatkan dan hambatan pemasaran perlu diatasi. Kekuatan organisasi perlu dipergunakan untuk memanfaatkan peluang atau mengatasi hambatan lingkungannya. Kelemahan organisasi perlu dikompesasi sehingga perusahaan mampu menghadapi lingkungannya. Berdasarkan analisis peluang/ancaman maupun kekuatan/kelemahan tersebut perusahaan dapat menentukan tujuan pemasaran yang dapat merupakan sasarannya. Sehingga cara pencapain tujuan atau strategi-strategi pemasaran dapat dirumuskan  dan dikembangkan untuk pedoman kegiatan pemasaran berikutnya.