Interaksi antara lingkungan
internal dan lingkungan eksternal pemasaran mempunyai keterkaitan terhadap
tujuan maupun strategi pemasaran. Analisis terhadap lingkungan eksternal dapat
menjelaskan adanya peluang dan ancaman bagi organisasi perusahaan. Analisis
terhadap lingkungan internal dapat memperlihatkan kekuatan dan kelemahan
orgainsasi.
Peluang pemasaran perlu
dimanfaatkan dan hambatan pemasaran perlu diatasi. Kekuatan organisasi perlu
dipergunakan untuk memanfaatkan peluang atau mengatasi hambatan lingkungannya.
Kelemahan organisasi perlu dikompesasi sehingga perusahaan mampu menghadapi
lingkungannya. Berdasarkan analisis peluang/ancaman maupun kekuatan/kelemahan
tersebut perusahaan dapat menentukan tujuan pemasaran yang dapat merupakan
sasarannya. Sehingga cara pencapain tujuan atau strategi-strategi pemasaran
dapat dirumuskan dan dikembangkan untuk
pedoman kegiatan pemasaran berikutnya.