Branch Manager dalam dunia kerja perbankan memiliki peranan yang sangat penting. Dalam melaksanakan kegatan operasionalisasi di kantor cabang branch manager membawahi beberapa bawahan diantaranya adalah :
- Manager of Commercial Banking
- Manager of Consumer Banking
- Manager of Operational
- Sub Branch Manager
- Manager of Internal Control Branch
- Credit Supervision Ofiicer / Staff
Serta Jabatan BawahanTidak Langsungnya adalah :
- Cash Office
- Analyst : Commercial Banking, Consumer Banking
- Marketing Officer : Commercial Banking, Consumer Banking
- Officer : Legal
- Staff : Bank Office-Credit, Bank Office-Funding, Credit Admin, IT, HR, GA, Finance & Accounting, Credit Supervision, CS, Teller, Internal Control, Risk Management, Legal, Marketing, Analyst, Payment Point
Ruang Lingkup : Operasional perbankan di Kantor Cabang
Adapun wewenang dan tanggung jawabnya adalah sebagai berikut :
- Mengkoordinasikan dan mengawasi seluruh aktivitas operasional perbankan di Kantor Cabang
- Memimpin operasional Pemasaran produk-produk Commercial Banking & Consumer Banking
- Memanfaatkan anggaran yang ada seefisien dan seefektif mungkin dan memastikan agar program dan sistem berjalan secara cost effective
- Menyusun Rencana Bisnis Bank (RBB) untuk Cabangnya dan Melakukan sosialisasi Rencana Bisnis Bank (RBB) kepada bawahan
- Memonitor pencapaian RBB oleh groupnya
- Mengevaluasi dan menyusun laporan pencapaian RBB secara periodik setiap bulan
- Mengembangkan prosedur/cara khusus untuk mencapai
RBB di cabangnya, jika belum tercapai - Menerima prosedur operasional dan lembar kerja pelaporan
manajemen resiko dari divisi Manajemen Risiko Mensosialisasikannya dengan karyawan/bawahan dalam groupnya - Memonitor pelaksanaan prosedur operasional manajemen resiko oleh bawahannya
- Mengevaluasi pelaksanaan prosedur operasional manajemen resiko
- Mengembangkan prosedur operasional khusus untuk groupnya
- Mengusulkan ke divisi Manajemen Risiko tentang pengembangan prosedur operasional manajemen resiko yang lebih sesuai
- Berkontribusi dalam Tim Manajemen Krisis (BCP) sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya sebagaimana tercantum di dalam Buku Manual/Panduan Manajemen Krisis
- Melakukan observasi langsung atas kinerja bawahan
- Memberikan feedback, baik positif maupun negatif, untuk meningkatkan kinerja bawahan
- Menentukan jadwal penilaian kinerja untuk masing-masing
bawahan - Memberitahukan jadwal penilaian kinerja kepada masing masing bawahan
- Melakukan penilaian kinerja secara objektif6. Mendiskusikan target kinerja yang akan datang dengan
bawahan - Menentukan tindakan pengembangan yang sesuai untuk masing-masing bawahan
- Menyerahkan lembar penilaian kinerja kepada administrasi/SDM untuk kepentingan dokumentasi
- Memonitor tindakan pengembangan yang dilakukan oleh bawahan
- Memberikan feedback atas tindakan pengembangan yang sudah dilakukan, jika dibutuhkan
- Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan dalam ruang lingkup kerjanya.