Follow

Costumer service adalah jawatan yang menangani segala bentuk permasalahan konsumen sebagai akibat dari barang atau jasa yang di produksi oleh perusahaan, keseringan jawatan ini menjadi tempat curhat dan penumpahan kekesalan konsumen terhadap produk yang di pergunakan. Rotasi atau perputaran karyawan di jawatan ini sangat tinggi, di
sebabkan karena rasa capek kena damprat dan kurangnya kemampuan berdiskusi tentang barang yang tidak di kenali sebagai produk perusahaan.




 Dalam praktiknya fungsi Customer service adalah sebagai berikut (kasmir, 2005 : 182) :
Sebagai Resepsionis
Artinya sebagai penerima tamu yang datang ke Bank. Tamu yang dimaksud adalah nasabah yang datang ke bank. Fungsinya dalam hal melayani pertanyaan yang diajukan nasabah dan memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin.
Sebagai DeskmanArtinya sebagai orang yang melayani berbagai macam aplikasi yang diajukan nasabah atau calon nasabah.
Sebagai SalesmanArtinya sebagai orang yang menjual produk perbankan,maksudnya menawarkan produk bank kepada setiap calon nasabah yang datang ke bank.
Sebagai Customer Relation OfficerYaitu sebagai seseorang yang dapat membina hubungan baik dengan seluruh nasabah, termasuk merayu atau membujuk agar nasabah tetap bertahan tidak lari dari bank yang bersangkutan.
Sebagai KomunikatorArtinya sebagai orang yang menghubungi nasabah dan memberikan informasi tentang segala sesuatu yang ada hubungannya antara bank dengan nasabah.

Tugas CS dalam industri umum dan di bidang perbankan pada dasarnya adalah sama. Spesifiknya :

1. Berhubungan langsung dengan nasabah dalam memenuhi kebutuhannya (membuka rekening, menyelesaikan masalah terkait rekeningnya, maupun produk perbankan lainnya).

2. Memasarkan produk dan jasa perbankan kepada nasabah.

3. Melaksanakan kegiatan administratif terkait kegiatan operasional perbankan (melakukan filing form aplikasi rekening, pencatatan administrasi stock buku tabungan, cek, BG, membuat laporan pencapaian pembukaan rekening secara harian untuk dilaporkan kepada branch manager).

4. Di luar kegiatan di cabang, CS juga membantu lobby untuk mendapatkan calon nasabah prioritas/instansi yang potensial.

Sikap CS yang baik (sesuai standar layanan perbankan yang baku):
1. Ramah, memberi greeting, mengucapkan terima kasih, menyebut nama nasabah dengan benar, tersenyum.
2. Profesional, memiliki product knowledge yang lengkap, memiliki wawasan yang luas, memberi solusi terhadap masalah yang dihadapi nasabah, cepat tanggap dan memberikan kepuasan pelayanan yang maksimal.

Sikap terhadap nasabah yang banyak menuntut : harus sabar, mengidentifikasikan kebutuhan, masalahnya, menganalisa, dan memberi solusi yang efektif

Bila nasabah ingin menutup rekening : Ditanyakan baik2 alasannya, memberi alternatif solusi agar konsumen. tidak menutup rekeningnya, atau menawarkan produk lain yang dapat menjawab kebutuhannya.

Yang perlu dirahasiakan : semua data nasabah (merupakan rahasia bank yang diatur dalam undang-undang)

Syarat2 pembukaan rekening :
1. Perorangan : mengisi formulir, Fotokopi KTP, foto terbaru.
2. Badan / Perusahaan : SIUP, TDP, NPWP, SITU/Keterangan Domisili, Akte Pendirian Perusahaan dan Perubahan, KTP seluruh pengurus, dan foto, serta spesimen tanda tangan pengurus yang menjadi contact person.

Categories: ,

6 Responses so far.

  1. Artikel yang menarik bos Usman, menambah wawasan kita semua mengenai tugas dari bagian CS, sukses buat semua CS...

  2. imi says:

    info yg bermanfaat.. sukses,Bung..

  3. B'zeh says:

    Sya juga nih mau latihan jadi CS di bank hehe

    thanks for your knowledge :D

  4. Anonymous says:

    Kita pasti bisa menjadi Customer service, kenapa orang lain bisa ? lalu kita tdak bisa, ini baru masalah, Smangaddd all !!!!!!!!!!!!!!

  5. tanks informasinya sangat bermanfaat ^_^

Leave a Reply