Deskripsi Pekerjaan Branch Manager Bank


Branch Manager dalam dunia kerja perbankan memiliki peranan yang sangat penting. Dalam melaksanakan kegatan operasionalisasi di kantor cabang branch manager membawahi beberapa bawahan diantaranya adalah :
  •  Manager of Commercial Banking
  • Manager of Consumer Banking
  • Manager of Operational
  • Sub Branch Manager
  • Manager of Internal Control Branch
  • Credit Supervision Ofiicer / Staff
Serta Jabatan BawahanTidak Langsungnya adalah :
  • Cash Office
  • Analyst : Commercial Banking, Consumer Banking
  • Marketing Officer : Commercial Banking, Consumer Banking
  • Officer : Legal
  • Staff : Bank Office-Credit, Bank Office-Funding, Credit Admin, IT, HR, GA, Finance & Accounting, Credit Supervision, CS, Teller, Internal Control, Risk Management, Legal, Marketing, Analyst, Payment Point
Aktivitas : Mengelola dan mengawasi seluruh aktivitas
Ruang Lingkup : Operasional perbankan di Kantor Cabang
http://www.job-desc.com/

Adapun wewenang dan tanggung jawabnya adalah sebagai berikut :
  • Mengkoordinasikan dan mengawasi seluruh aktivitas operasional perbankan di Kantor Cabang
  • Memimpin operasional Pemasaran produk-produk Commercial Banking & Consumer Banking
  • Memanfaatkan anggaran yang ada seefisien dan seefektif mungkin dan memastikan agar program dan sistem berjalan secara cost effective
  • Menyusun Rencana Bisnis Bank (RBB) untuk Cabangnya dan Melakukan sosialisasi Rencana Bisnis Bank (RBB) kepada bawahan
  • Memonitor pencapaian RBB oleh groupnya
  • Mengevaluasi dan menyusun laporan pencapaian RBB secara periodik setiap bulan
  • Mengembangkan prosedur/cara khusus untuk mencapai
    RBB di cabangnya, jika belum tercapai
  • Menerima prosedur operasional dan lembar kerja pelaporan
    manajemen resiko dari divisi Manajemen Risiko Mensosialisasikannya dengan karyawan/bawahan dalam groupnya
  • Memonitor pelaksanaan prosedur operasional manajemen resiko oleh bawahannya
  •  Mengevaluasi pelaksanaan prosedur operasional manajemen resiko
  • Mengembangkan prosedur operasional khusus untuk groupnya
  • Mengusulkan ke divisi Manajemen Risiko tentang pengembangan prosedur operasional manajemen resiko yang lebih sesuai
  • Berkontribusi dalam Tim Manajemen Krisis (BCP) sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya sebagaimana tercantum di dalam Buku Manual/Panduan Manajemen Krisis
  • Melakukan observasi langsung atas kinerja bawahan
  •  Memberikan feedback, baik positif maupun negatif, untuk meningkatkan kinerja bawahan
  • Menentukan jadwal penilaian kinerja untuk masing-masing
    bawahan
  • Memberitahukan jadwal penilaian kinerja kepada masing masing bawahan
  • Melakukan penilaian kinerja secara objektif6. Mendiskusikan target kinerja yang akan datang dengan
    bawahan
  • Menentukan tindakan pengembangan yang sesuai untuk masing-masing bawahan
  • Menyerahkan lembar penilaian kinerja kepada administrasi/SDM untuk kepentingan dokumentasi
  • Memonitor tindakan pengembangan yang dilakukan oleh bawahan
  • Memberikan feedback atas tindakan pengembangan yang sudah dilakukan, jika dibutuhkan
  • Melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan dalam ruang lingkup kerjanya.