Follow


Merupakan pelaku dan kekuatan di sekitar perusahaan, yang secara langsung mempengaruhi kemampuan bisnis dan kinerja pemasaran perusahaan. Lingkungan eksternal yang langsung berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran adalah lingkungan luar mikro. Lingkungan luar mikro meliputi pelaku-pelaku yang aktif berperanan dalam proses kegiatan pemasaran. Meskipun keberadaannya di luar, tetapi pemasar masih dapat mempengaruhi kegiatan-kegiatan mereka. Dengan kata lain pemasar mampu mengendalikan lingkungan luar mikro.

Dilihat dari arus proses operasional pemasaran, maka fungsi komponen-komponennya dapat dibedakan pada kegiatan arus hulu (up-stream) dan arus hilir (down-stream). Komponen yang berada pada arus hulu adalah pemasok, yaitu pelaku pemasaran yang menyediakan masukan (input) sumberdaya (material, sumberdana, tenaga kerja, informasi, dan sebagainya) bagi perusahaan. Komponen yang termasuk pada arus hilir adalah penyalur dan pasar. Menurut keberadaan dan kegiatannya, penyalur dibedakan antara pedagang besar (wholesaler) dan pengecer (retailer). Sesuai dengan tujuan pembeliannya, pasar dibedakan antara pasar industrial (konsumen antara) dan pasar (konsumen akhir).

Pemasok adalah perusahaan dan atau individu yang menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa. Kecenderungan dan perkembangan yang mempengaruhi pemasok dapat mempengaruhi rencana pemasaran perusahaan secara signifikan. Pemasar harus mewaspadai ketersediaan (yang dipengaruhi keterbatasan dan pemogokan) dan harga pasokan. Manajemen relationship partnership yang efektif dengan pemasok menjadi sangat penting. Pemasok pemasaran perusahaan adalah lembaga-lembaga atau individual yang melakukan kegiatan penyediaan sumberdaya yang diperlukan untuk operasional perusahaan.

Masukan sumberdaya yang diperlukan dapat berupa sumberdaya material, peralatan, tenaga kerja, tenaga penggerak (energi), sumberdana modal,metode, informasi, waktu, moral, atau sumberdaya inspirasi atau gagasan. Meskipun pemasok memberikan pengaruh langsung terhadap tujuan dan strategi pemasaran, tetapi sebaliknya perusahaan juga mampu mengendalikan mereka. Seberapa jauh pemasar mampu mengendalikan pemasok tergantung beberapa kondisi seperti peran produk yang ditawarkan pemasok, potensi pemasok melakukan integrasi ke depan, persaingan antar pemasok.

Distributor adalah perusahaan/pihak yang membantu perusahaan dalam mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk kepada pembeli akhir. Perantara meliputi: reseller, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan. Manajemen relationship partnership yang efektif dengan perantara pemasaran menjadi sangat penting. Perantara atau penyalur dapat merupakan usaha yang independen maupun dependen terhadap perusahaan. Perantara yang independen adalah para pedagang (mercant middleman) yang membeli barang dari perusahaan. Mereka dapat merupakan pedagang besar (wholesaler) atau pedagang eceran (retailer). Fungsi pedagang besar hanya menjual dan melayani kepada para pengecer atau pasar konsumen antara. Pengecer berfungsi melayani secara langsung kepada konsumen akhir. Perantara yang dependen merupakan kepanjangan dari kegiatan pemasaran perusahaan untuk mendekati pasar.  

Pesaing, saat ini batasan pesaing menjadi lebih luas, tidak hanya perusahaan lain yang menghasilkan produk sejenis, bahkan produk lain yang sangat berbeda tetapi memperebutkan suatu anggaran yang terbatas. Penting bagi pemasar untuk senantiasa melakukan analisis pesaing bagi keberhasilan perusahaan Pemasar harus selalu memonitor tawaran pesaing dalam rangka menciptakan keunggulan stratejik. Komponen lingkungan pesaing meliputi keseluruhan barang dan jasa maupun perusahaan-perusahaan yang menghasilkan produk untuk memperebutkan pasar yang sama. Adanya pesaing mendorong perusahaan untuk meningkatkan kualitas produknya, tetapi juga mempersempit gerak pemasaran perusahaan. Keberadaan pesaing mempengaruhi langsung pemasaran perusahaan, untuk itu perlu dikendalikan. Sehingga keberadaannya dapat membantu kegiatan pemasaran dengan baik. produk dan perusahaan pesaing dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok. Empat golongan pesaing bagi perusahaan seperti perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang-barang dan atau harga yang relatif sama

Pesaing dari Honda adalah Toyota, Peugeot maupun Mitsubishi. BMW, Volvo maupun Mercedes adalah bukan pesaingnya karena termasuk mobil-mobil mewah, perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri yang sama, atau membuat barang-barang pada kelas yang sama. Pesaing Honda sekarang adalah semua perusahaan mobil (termasuk mobil-mobil mewah), perusahaan yang memproduksi barang-barang untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan konsumen yang sama. Pesaing Honda sekarang tidak hanya seluruh perusahaan mobil tetapi juga perusahaan yang memproduksi jasa transportasi, misal kereta api, taksi, biskota, sepeda, pesawat terbang bahkan juga pejalan kaki, perusahaan-perusahaan yang bersaing untuk memperebutkan uang konsumen.

Sehingga pesaing Honda adalah bukan hanya perusahaan-perusahaan dalam industri transportasi atau jasa transportasi tetapi juga industri real estate, investasi, emas-permata, kenikmatan hidup dan sebagainya.
Pelanggan dari sebuah perusahaan dapat berupa pelanggan individu (pengguna akhir suatu produk) maupun pelanggan lembaga/institusi/organisasi yang bukan pengguna akhir. Ada 5 jenis pasar pelanggan dari perusahaan,   Consumer merupakan pasar pelanggan yang membeli produk untuk kepentingan pribadi atau rumah tangga. Business merupakan individu atau organisasi/institusi yang membeli produk untuk diolah lagi menjadi produk lain yang diperdagangkan. Reseller merupakan individu atau organisasi yang membeli produk untuk langsung dijual kembali. Government  merupakan instansi atau lembaga pemerintah yang membeli produk untuk kepentingan publik atau kegiatan instansinya tersebut. International merupakan pasar pelanggan yang ada di manca negara

Pasar/Masyarakat, pasar merupakan himpunan pembeli (individual meupun organisasional) aktual maupun potensial atas produk tertentu. Pasar mempunyai tiga karakteristik seperti minat karena mempunyai kebutuhan maupun keinginan terhadap barang dan jasa tertentu, kemampuan membeli karena mempunyai sesuatu yang bernilai (misalnya uang) untuk diperuntukan dengan barang yang diperlukan dan akses pembelian atau kesediaan untuk merealisasikan pertukaran tersebut. Pasar meliputi pasar konsumen antara (intermediate consumers) dan konsumen akhir (final consumers). Konsumen antara adalah pasar yang membeli barang dan jasa bukan untuk dikonsumsi sendiri. Mereka membeli barang untuk dijual atau diproses menjadi barang lain dan dijual kembali. Mereka dapat sebagai pedagang atau para produsen yang memerlukan barang untuk masukan proses produksinya. Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari keberadaan perusahaan. 

Publik adalah suatu kelompok yang memiliki minat actual dan potensial dan berdampak bagi sebuah organisasi. Ada tujuh masyarakat publik yang meliputi Financial (masyarakat public yang terkait dengan keuangan), Media (masyarakat public yang terkait dengan media terutama media massa), Government (pemerintah), Citizen-action (gerakan/aksi warganegara yang berbentuk lembaga swadaya masyarakat yang memiliki kepentingan pada bidang bidang tertentu), Local (masyarakat yang ada di sekitar lokasi perusahaan), General (masyarakat yang tidak terbatas pada orang tetapi kepentingan umum) dan Internal (masyarakat yang ada dan terlibat dalam organisasi).

Leave a Reply